Rabu, 23 Maret 2011

Buah iman kepada allah

Buah Iman Kepada Kitab-kitab
Beriman kepada kitab-kitab memiliki buah yang banyak, di antaranya:
• 1. Mengetahui besarnya perhatian dan kasih sayang Allah Ta’ala terhadap hamba-hambaNya serta kesempurnaan rahmatNya, karena Allah Ta’ala menurunkan kepada setiap kaum sebuah kitab sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi mereka agar mereka dapat mencapai kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Hal ini merupakan salah satu nikmat Allah Ta’ala yang sangat besar yang wajib untuk kita syukuri.
• 2. Mengetahui hikmah Allah Ta’ala dalam syariatNya, karena Allah Ta’ala mensyariatkan bagi setiap kaum syariat dan aturan yang sesuai dengan keadaan dan karakter mereka. Allah Ta’ala berfirman, artinya, “Untuk tiap-tiap umat di antara kamu Kami berikan aturan dan jalan yang terang.” (al-Ma’idah: 48)
• 3. Penetapan sifat kalam (berfirman) bagi Allah Ta’ala dan penetapan bahwa kalam Allah tidak sama dan tidak serupa dengan kalam makhluk-Nya serta penetapan ketidaksanggupan manusia untuk mendatangkan atau membuat ucapan yang semisal dengan kalam Allah Ta’ala.

Demikianlah penjelasan singkat tentang iman kepada kitab-kitab Allah secara global. Adapun pembahasan tentang iman terhadap al-Qur’an secara khusus, insya Allah ta’ala akan disampaikan pada edisi yang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar